Minggu, 30 September 2012

Inilah Cara Agar Bisa Cepat Tidur

Ketika lemak dan kalori menumpuk di tubuh,atau online dan meminum kafein atau alkohol terlalu banyak,atau laptop terus menyala untuk terus beronline ria,maka tubuh tidak segera mengundang perasaan anda untuk segera tidur dengan pulas.Dan jika terjadi terus menerus akan menjadi insomnia.

Atau jika anda tidak bisa mengelola stress dengan baik,anda terbawa oleh pikiran yang terus menganggu sepanjang waktu.Hal inipun sama akan berdampak menjadi sulit untuk tidur.Termasuk terlalu panjang angan dan cita-cita yang terlalu tinggi,maka kita cenderung akan menderita insomnia.

Berdasarkan pengalaman saya dan beberapa saran ahli tidur (orang yang gampang tidur),untuk bisa segera mengantuk dan tidur dengan pulas di malam hari,setidaknya lakukanlah hal berkut :

1.Keluarkan tenaga dan bakar kalori anda beberapa menit sebelum malam tiba,menjelang magrib misalnya dengan beraktivitas yang mengeluarkan keringat.Berolahraga,berkebun atau jalan-jalan di sekitar komplek atau kampung rumah kita.

3.Matikan satu jam menjelang jadwal tidur anda semua alat elektronik,TV,Radio,Komputer dan ini yang paling penting,Matikan Handphone anda.

4.Segera beranjak ke peraduan dan tidur.Ingat bahaya bagi orang yang kurang tidur sangat banyak,berbagai penyakit bisa terjadi pada tubuh orang yang kurang waktu tidurnya.

Intnya harus cape dulu di siang atau sore harinya,banyak bergerak bekerja atau olahraga.

Selamat tidur dengan cepat dan bangun lebih cepat artinya tidur cepat di sore hari dan bangun cepat di saat dinihari,itu adalah sebagian anjuran Rasulullah SAW bagi umat Islam.

Dan fakta membuktikan bahwa orang yang suka tidur lebih cepat ketika sore hari,lalu bangun lebih cepat sesaat sebelum waktu Subuh tiba,tingkat kesehatannya lebih baik daripada orang yang sebaliknya,suka tidur terlambat larut malam dan bangun selalu kesiangan sampai siang hari.

(BiCoM.Riyadh)

0 komentar:

Posting Komentar