Minggu, 30 September 2012

Jangan Ruwet Dalam Hidup,Santai Saja

TBC adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis,kalau secara medis jelas penyebabnya adalah bakteri ini.Biasanya menyerang bagian organ paru-paru sehingga terjadi infeksi di sana,dengan gejala yang kelihatan misalnya batuk menahun,sesak nafas dan berat badan terus menurun,kurus yang tidak sehat dan sebagainya.

Ulasan ini bukan informasi kedokteran atau medis lainnya,Saya mengulas melihat fakta saja yang banyak terjadi di lingkungan penulis.Bahwa banyak orang yang mempunyai segudang beban pikiran,kesusahan dan tidak bisa mengatasinya,kok bisa terkena penyakit TBC.

Atau persisnya seperti terkena penyakit TBC,tuberkulosis.Yaitu badan menjadi kurus kering,batuk menahun,wajah tidak bersinar dan nafasnya senen kemis.

Para ahli kesehatan jiwa banyak yang mengemukakan bahwa memang ada kaitan yang sangat erat antara kesehatan jiwa (pikiran) dengan kesehatan fisik badaniah.Mungkin inilah salah satu contohnya.

***
Banyak beban pikiran yang terlalu berat,lalu menjadi murung dan sedih berlebihan atau stress dan semacamnya,mungkin akan mengubah perlaku atau gaya hidup seseorang.Misalnya jadi perokok berat,jadi jarang makan dan kurang tidur,jadi banyak melamun malah jadi jarang mandi dan tidak peduli dengan kesehatan serta kebersihan dirinya.

Dari "gaya hidup" atau perilaku tidak sehat demikianlah mungkin jadi terhinggap penyakit TBC (infeksi),yang asalnya dari banyak pikiran dan beban terlau berat,lalu bergaya hidup tidak sehat,ya...bisa saja terkena penyakit TBC yang umumnya menyerang paru-paru (atau infeksi paru-paru dan saluran pernafasan).

***
Bila kita sedang punya masalah pelik,berat dan sangat sulit,percayalah kawan semua persoalan pasti akan ada banyak jalan keluarnya.Ayo bangkit dan tegar bersama Usaha dan Doa.

Sempurnakan ikhtiar lalu serahkan dan minta ijin ridlo Tuhan hasilnya.Serta yang paling penting,meskipun kita sedang kalut,carut marut dengan beban pikiran yang sulit dan sangat susah,tetap jangan lupa untuk selalu "Bergaya hidup Sehat".

Karena dengan badan dan jiwa kita sehat,Insya Allah semua persoalan hidup akan bisa dilalui dan dijalani dengan baik.Termasuk untuk memecah masalah perlu "Kondisi jasmani dan rokhani kita dalam keadaan baik atau Tidak Sakit".

***

2 komentar:

  1. jadi harus nyante ya bro..
    thanx sudah mengingatkan ..!!

    BalasHapus
  2. Halo Bro..

    ya begitulah kira-kira bro,Santai tapi Serius hehe..

    trims..

    BalasHapus